Jumat, 10 Juni 2016

13 Perusahaan Terbaik di Bursa Efek Indonesia 2015

Sejumlah perusahaan yang terdaftar di bursa saham Indonesia (emiten) mendapat penghargaan sebagai yang terbaik di masing-masing sektor usaha. Penghargaan bertajuk Investor Award 2015 ini diberikan oleh  Majalah Investor (12/5) setelah melalui penjurian dan penilaian ketat untuk memilih yan gterbaik dari sekitar 507 emiten.

Adapun peraih Investor Award 2015 adalah sebagai berikut:
  •     Sektor Pertanian & Peternakan: PT Dharma Satya Nusantara Tbk,
  •     Sektor Aneka Industri: PT Berlina Tbk,
  •     Sekor tekstil dan garmen: PT Sri Rejeki Isman Tbk,
  •     Sektor Infrastruktur: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
  •     Sektor Perdagangan & Jasa: PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk,
  •     Sektor Industri Dasar dan Primer: PT Samindo Resources Tbk,
  •     Sektor Makanan & Minuman: PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk
  •     Sektor Rokok, Farmasi, dan Keperluan Rumah Tangga: PT Unilever Indonesia Tbk,
  •     Bidang usaha investasi: PT Panin Financial Tbk,
  •     Sektor Perbankan: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,
  •     Industri Reksa Dana dan Sekurtitas: PT Kresna Graha Sekurindo Tbk,
  •     Sektor Properti & Konstruksi: PT Lippo Karawaci Tbk, dan
  •     Serta sektor elektronika: PT Multipolar Technology Tbk.

Investor Award tahun ini tidak memberikan penghargaan kepada empat sektor usaha yaitu bidang usaha Pembiayaan atau Multifinance, Industri Logam dan Kabel, Kehutanan, serta Asuransi. Dewan Juri melihat perusahaan-perusahaan yang berada di sektor tersebut justru memiliki kinerja keuangan negatif pada beberapa indikator penting yang dinilai. Selain itu ada juga sektor yang tidak memenuhi persyaratan jumlah emiten yang berhak dinilai, yaitu minimal 3 kandidat.

Pemilihan pemenang mengacu pada setidaknya 9 persyaratan antara lain menilai kepatuhan emiten dalam mempublikasikan laporan keuangan tahun buku 2014. Selanjutnya, emiten tersebut sudah harus sudah tercatat di Bursa Eefek Indonesia (BEI) sebelum tahun 2014 dan tidak mendapat opini disclaimer dan/atau adverse dari akuntan publik. Perusahaan tersebut tidak boleh dalam posisi rugi pada laporan keuangan terakhir serta memiliki ekuitas minimal Rp 50 miliar.

Saham emiten tersebut harus tergolong aktif (selama periode 1 April 2014 – 31 Maret 2015 tidak boleh tidak ditransaksikan selama 10 pekan atau lebih) dan mampu menjaga ekuitas positif selama dua tahun terakhir. Pemegang saham suatu emiten yang dinilai disyaratkan minimal 300 pihak.

Dengan persyaratan-persyaratan tersebut, 507 emiten yang ada, hanya 246 emiten bisa diperingkat, sementara 261 lainnya dinyatakan tidak lolos seleksi tahap awal hingga diperoleh emiten terbaik 2015 untuk masing-masing sektor.

5 Emiten Terbaik 2015

Selain itu, terpilih pula lima perusahaan publik terbaik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) meraih Investor Awards 2015 dengan predikat ‘Top Performing Listed Companies 2015’ yaitu:
  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  2. PT PP (Persero) Tbk
  3. PT Pakuwon Jati Tbk
  4. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
  5. PT Lippo Cikarang Tbk

Kelima perusahaan tersebut dinilai  memiliki kinerja fundamental yang solid dan memiliki likuiditas perdagangan yang tinggi sehingga mendorong kinerja saham-saham melaju tinggi selama periode April 2014 – Maret 2015.

Sumber : howmoneyindonesia.com

0 komentar:

Poskan Komentar