Sabtu, 23 Juli 2011

Tips Trading Saham

Beberapa Tips yang Mesti Anda Simak Sebelum Bertrading Saham :

  1. Anda wajib selalu menjaga kesehatan jasmani dan pikiran anda. Sakit, atau out of mood hanya akan memperburuk portofolio anda dan membantu memperkaya orang lain.
  2. Jangan melawan arus, ikuti arah tren pasar sedang menuju kemana. Kalau tren sedang bearish (turun), tahan godaan untuk membeli saham.
  3. Hindari saham gorengan. Sediakan waktu anda setidaknya selama tiga hingga enam bulan untuk mendalami perilaku harga, emiten dan semua yang berkaitan dengan bursa.
  4. Hindari belanja saham ketika harga sudah terlalu mahal (overpriced). Biasanya saham akan terkoreksi aksi profit taking.
  5. Hindari overtrading! Anda akan lebih tertekan dengan posisi saham yang salah dan terpaksa merealisasikan kerugian karena terpaksa menjual saham pada T+3.
  6. Jangan telan bulat-bulat rekomendasi pialang! Banyak juga pialang yang bertanggung jawab dan cerdas, tapi tidak sedikit orientasi pialang adalah fee. Semakin besar transaksi maka fee bertambah. Seandainya anda terlalu sibuk, sempatkan mericek info tersebut kepada pihak lain yang anda percaya.
  7. Hindari sekuritas yang mematok fee terlalu mahal. Semakin aktif anda bertransaksi maka semakin besar fee yang harus anda tanggung. Anda bisa nego fee jika anda memiliki modal lumayan besar.
  8. Rajin mencari informasi , selalu memonitor news dan perkembangan ekonomi regional dan global. Tahun 2008 New York Stock Exchange (NYSE) rontok dan merembet sampai IHSG.
  9. Hati-hati trading sepanjang hari jumat! Hari menjelang weekend, biasanya investor melakukan aksi profit taking untuk jaga-jaga terhadap ketidakpastian pasar selama hari libur. Banyak kejadian sepanjang liburan bukan karena resiko pasar tetapi resiko lainnya seperti terorisme, bencana alam, ekonomi global dan sebagainya.
  10. Hindari berperan seperti gambler karena bursa bukan kasino. Milikilah perencanaan trading yang ketat, tidak menghabiskan semua koin anda pada meja yang sama. Banyak investor yang sukses karena disiplin dengan aturan yang ditaati sendiri.



BERDOA SEBELUM TRADING

Apapun keyakinan anda, terlepas sebelumnya anda rugi atau untung. Membiasakan diri berdoa sebelum trading merupakan sebuah kebijaksanaan. Menyerahkan apa yang akan terjadi senantiasa kepada DIA. Memang terasa abstrak sekalipun bagi anda yang berkeyakinan. Namun, percayalah berdoa akan mengalirkan perasaan lega dan mampu menjaga temperatur hati anda lebih dingin.


Sumber: sahamonline.com

0 komentar:

Posting Komentar